Alumni Sharing 1.0 CAE Gandeng Content Creator Muda dalam Acara

Alumni Sharing 1.0 CAE Gandeng Content Creator Muda dalam Acara

Bandung, Telkom University – Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment (CAE) kembali menggelar acara alumni sharing yang bertajuk Alumni Sharing: Entrepreneur 1.0 pada tanggal 11 Februari 2021 secara daring (online) melalui platform Zoom Meeting dan Youtube. Alumni Sharing: Entrepreneur 1.0 merupakan acara sharing pertama yang diselenggarkan di tahun 2021 dengan mengusung tema “Social Media as a Creative Platform” yang bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa ataupun lulusan baru Telkom University agar tetap berkreasi, berkarya, dan menciptakan peluang terutama di bidang digital entrepreneur meskipun di tengah situasi pandemi seperti saat ini. 

Pada kesempatan ini, Direktorat CAE menggandeng anak muda lulusan Telkom University yang berkiprah di bidang dunia kreatif sebagai Content Creator yaitu Rio Garia Aprilio, owner dari erji.id dan Content Creator (Alumni S1 Administrasi Bisnis 2020) dan Galih Mandala Putra, Art Director dan Content Creator (Alumni S1 Seni Rupa 2020).

Bersama dengan acara alumni sharing, Direktorat CAE mengajak para mahasiswa dan alumni untuk berdonasi melalui “Gerakan Donasi 10.000” yang bertujuan membudayakan generasi milenial untuk saling memberi dan membantu sesama dengan harapan “Gerakan Donasi 10.000” ini dapat membantu saudara-saudara yang membutuhkan. 

Acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Dr. Dida Diah Damajanti, S.T.,M.Eng.Sc. selaku Wakil Rektor III Telkom University. Beliau menyampaikan dukungannya terhadap acara alumni sharing yang bertajuk Entrepreneur 1.0 ini karena selaras dengan visi dan misi Telkom University yaitu menjadi research and entrepreneurial university. Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang dipaparkan oleh Direktur Pengembangan Karir, Alumni, dan Endowmnet, Ir. Ahmad Tri Hanuranto, M.T. mengenai “Transformasi Digital di SEA 2020”. Diteruskan dengan sambutan dari Ibu Ade Irma Susanty, M.M., Ph.D. selaku dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis, serta tak lupa juga sambutan dari Kang Ahmad Nugraha Rahmat selaku Presiden FAST (Forum Alumni Telkom University).

Menginjak acara inti, para pembicara memaparkan presentasinya mengenai “Social Media as a Creative Platform”. Rio Garia Aprilio menjadi pembicara pertama dengan membahas tema “media sosial sebagai wadah kretifitas”. Owner dari Erji.id ini bercerita tentang bagaimana dirinya bisa terjun menjadi Content Creator secara tidak sengaja. Rio sendiri berfokus pada platform Tiktok dan Instagram dengan konten fotografi, hotel, destinasi wisata, dan kuliner. Adapun prestasi yang diraih Rio selama menjadi Content Creator adalah berhasil meraih gold medalist dan verified account dari Tiktok serta dapat berkolaborasi dengan perusahaan ternama seperti Bukalapak, Tiket.com, Traveloka, dll. Bagi Rio, seorang Content Creator haruslah mampu memberikan konten yang informatif serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Seorang Content Creator harus mampu mengenal dirinya terlebih dahulu dan memberikan konten yang informatif serta segmentif. Konten juga harus terkonsep, berisi, dan bermanfaat agar mengundang masyarakat untuk berkomentar dan membagikan konten tersebut agar dilihat banyak orang.” Jelas Rio.

Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Galih Mandala Putra, lulusan S1 Seni Rupa Telkom University sekaligus Art Director dan Content Creator tentang “How to be a Digital Creator/Influencer”. Galih menuturkan bahwa seharusnya pandemi tidak melulu dipandang dari segi keterbatasannya saja namun harus dilihat sebagai sebuah kesempatan, contohnya menjadi seorang Content Creator. Selain itu, Galih juga menyampaikan bagaimana langkah-langkah menjadi seorang Content Creator, tips membuat konten yang menarik bagi audiens, passive income yang didapatkan oleh seorang Content Creator, dan platform apa saja yang digunakan oleh seorang Content Creator.

“Untuk menjadi seorang Content Creator kita harus memiliki konsistensi dan tanggung jawab, karena konsistensi itu tidak mudah. Kita boleh merasa capek ataupun istirahat sejenak asalkan jangan berhenti. Keluarlah dari zona nyaman dan terus bangkit dan berkembang.” Tutur Galih.

Acara alumni sharing ditutup dengan tips dari para pembicara mengenai bagaimana menjadi seorang Content Creator yang baik.

“Bagi teman-teman yang ingin menjadi Content Creator, coba posisikan diri kalian sebagai orang yang ingin ditonton dan memberi contoh bagi orang lain, jadi jangan jadi penonton saja. Selain bisa dikenal oleh orang lain, kalian juga bisa memberikan manfaat bagi orang lain, dan mendapatkan bonus lainnya seperti bekerjasama dengan perusahaan ternama dan juga mendapatkan penghasilan. Pastikan kalian juga sudah tahu ingin masuk ke segmen mana dan tetaplah konsisten dalam membuat konten-konten yang bagus.” Ucap Rio.

“Teman-teman yang masih belajar atau yang sudah mulai menjadi Content Creator, saya sarankan untuk melihat data platform apa saja yang sedang populer untuk keperluan social media marketing atau content marketing. Saya juga melihat bahwa digital entrepreneurship ini menjadi peluang yang bagus bagi kita semua. Tips saya dalam membuat konten adalah silahkan teman-teman melihat hobi yang teman-teman tekuni, tidak perlu menjadi yang terbaik karena hidup ini bukan bagiamana menjadi yang terbaik tetapi kalian ingin menjadi apa kedepannya.” Ucap Galih.

Dengan diikuti total 221 pesertadi Zoom, acara Alumni Sharing: Entrepreneur 1.0 sukses digelar oleh Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment. Selain untuk mengajak para mahasiswa dan alumni untuk lebih mengenal Direktorat CAE, acara ini juga diharapkan dapat menumbukan rasa solidaritas terhadap sesama dengan adanya program gerakan donasi 10.000 yang dicanangkan oleh CAE.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.