Anugerah Innovillage 2020 – Bikin Keren Desaku

Anugerah Innovillage 2020 – Bikin Keren Desaku

Bandung, Telkom University – Bekerjasama dengan Unit Community Development Center PT Telkom Indonesia, Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment Telkom University secara langsung menyelenggarakan acara Anugerah Innovillage 2020 – Bikin Keren Desaku pada Sabtu, 6 Maret 2021 di Gedung K Auditorium Telkom University dan secara virtual melalui Zoom Meeting dan kanal YouTube Telkom University.

Innovilage merupakan kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital dengan menggugah mahasiswa yang sedang di berada kampung halaman (karena pandemi Covid-19) untuk ikut terlibat langsung membantu kesulitan masyarakat desa mereka melalui inovasi-inovasi digital yang aplikatif sehingga tercipta peningkatan kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi salah satu bentuk nyata dalam melahirkan talent-talent digital masa depan.

Rangkaian program Project Social Innovillage 2020 dimulai sejak akhir September 2020 yang diikuti oleh mahasiswa dari 4 Institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu Telkom University, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Institut Teknologi Telkom Surabaya, dan Akademi Telekomunikasi Jakarta. Sebanyak 301 proposal telah diterima dalam program ini yang kemudian diseleksi menjadi 100 proposal project yang terpilih untuk direalisasikan di 22 provinsi di Indonesia dengan total pendanaan sebesar 1.5 miliar rupiah. Dari 100 proposal selanjutnya dipilih 10 kelompok terbaik untuk mengikuti bootcamp.

Acara puncak Anugerah Innovillage 2020 dihadiri oleh Prof. Adiwijaya (Rektor Telkom University), Dr. Dida Diah Damayanti (Wakil Rektor III Bidang Admisi, Kemahasiswaan dan Alumni), Dr. Rina Pudji Astuti (Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian), dan AT Hanuranto (Direktur Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment) selaku Ketua Pelaksana Innovillage 2020. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Hery Susanto (Senior General Manager CDC Telkom), Agung Susanto Adi Susetyo (Direktur Pendidikan Tinggi Yayasan Pendidikan Telkom) yang mewakili Shindu Aryanto selaku Ketua Yayasan Pendidikan Telkom. Tak ketinggalan para finalis beserta dosen pembimbing sebagai Top 10 Social Project Innovillage 2020 dan para tamu undangan lainnya.

Acara dibuka dengan laporan dari Bapak AT Hanuranto selaku Ketua Pelaksana Innovillage 2020 sekaligus Direktur Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment. 

“Innovillage sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat luas. Tidak hanya di hati mahasiswa namun juga orang tua dan keluarga para peserta, bahkan di beberapa tempat, antusiasme terhadap program Innovillage ini sampai ke tingkat kecamatan dan kabupaten. Saya ucapkan terima kasih terutama kepada CDC Telkom, Pak Rektor beserta jajaran pimpinan karena sangat supportif. Semoga program ini bisa berlanjut dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik,” ucapnya.

Dilanjut dengan sambutan oleh Prof. Adiwijaya selaku Rektor Telkom University yang menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara Innovillage 2020.

“Telkom University bukan hanya bercita-cita untuk mencipatkan SDM unggul melainkan juga untuk berkontribusi bagi bangsa. Jadi saya sangat bersyukur karena program ini menjadi salah satu bukti dari cita-cita tersebut. Program Innovillage ini menawarkan solusi tepat guna yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat, semoga program juga bisa menjadi suatu keberkahan bagi kita semua,” ujarnya.

Bapak Agung Susanto (Direktur Pendidikan Tinggi Yayasan Pendidikan Telkom) juga menyampaikan selamat kepada Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment dan PT. Telkom Indonesia karena sukses menyelenggarakan program Innovillage 2020. 

Sambutan terakhir disampaikan oleh Bapak Hery Susanto (SGM CDC Telkom) terkait penyaluran CSR di sektor pendidikan.

“CSR PT. Telkom Indonesia harus fit dengan kompetensi arah perusahaan. Sejalan dengan arah perusahaan yang bertransformasi ke arah digital, maka CSR Telkom selalu mengarah ke bidang pendidikan dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Program CSR ini sebagai wujud sinergi bersama yang mana kita bekerjasama dengan para inovator sehingga memberikan manfaat di masyarakat,” ujarnya.

Acara Anugerah Innovillage 2020 juga menghadirkan Nadine Chandrawinata, seorang Public Figure dan Founder & Executive Director Seasoldier yang menyampaikan kepada generasi muda untuk tidak takut berinovasi terutama dalam hal menjaga lingkungan sekitar.

“Jangan takut untuk mengeluarkan ide. Sudah waktunya bagi kalian untuk keluar dari zona nyaman kalian dan menunjukkan ide kalian. Dengan menunjukkan ide dan inovasi tersebut, artinya kalian sudah open minded untuk menerima masukan dan kritikan yang artinya kalian bisa diajak bekerjasama dengan semua pihak,” ucapnya.

Adapun pemenang terbaik program Innovillage 2020 antara lain:

  1. Platform Informatif MyBidan untuk Pengentasan Stunting – Telkom University (Kategori Best of the Best, Bidang Kesehatan).
  2. Smart Village – Telkom University (Kategori Bidang Teknologi Informasi).
  3. Water Clean is for All of Us – Institut Teknologi Telkom Surabaya (Kategori Bidang Energi).
  4. Pemetaan Daerah Berdasarkan Nilai NPK dan PH Tanah Berbasis Web Dengan Honeycomb Tile Map – Telkom University (Kategori Bidang Pertanian).
  5. MinaKita: Crowdfunding dan Trade Marketing Berbasis Pengelolaan Digital pada Sektor Budidaya Perikanan – Telkom University (Kategori Bidang Crowdfunding).
  6. ALERTY: Sistem Mitigasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Berbasis Internet of Things di Desa Bategede – Telkom University (Kategori Bidang Kebencanaan).

Para pemenang mendapatkan apresiasi hadiah sebesar Rp45.000.000,00, sedangkan pemenang Best of the Best mendapatkan apresiasi hadiah sebesar Rp75.000.000,00. 

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.