TENTANG ENDOWMENT FUND (DANA ABADI)

Endowment Fund merupakan dana abadi atau wakaf yang dihimpun, diinvestasikan dan dikelola secara terus-menerus dengan penuh tanggung jawab dari sejumlah donor individual maupun perusahaan untuk menjamin keberadaan, keberlanjutan, prestasi dan reputasi Telkom University dalam waktu jangka panjang. Jumlah Endowment Fund dari tahun ke tahun tidak boleh berkurang dan harus terus meningkat.

Persentase dari ‘Annual Income Return’ dari investasi dan pengelolaan akan digunakan untuk mendukung kebutuhan meliputi:

  • Beasiswa mahasiswa
  • Peningkatan kualitas penelitian
  • Perluasan kerjasama internasional
  • Sarana dan prasarana kampus
  • Kebijakan endowment lainnya

  • endowmnet fund

    Sekilas Pembentukkan
    Pada masa awal pembentukannya tahun 2017, Endowment Fund berada di bawah pengelolaan dan tanggung jawab Direktorat Endowment dan Alumni (DEA) Telkom University yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Dalam perkembangannya, pada Februari 2020, Direktorat Endowment dan Alumni (DEA dilebur dengan Direktorat Pusat Pengembangan Karir (CDC), dan berubah nama menjadi Direktorat Pengembangan Karir, Alumni, dan Endowment (CAE) yang berada di bawah kordinasi jajaran Wakil Rektor III bidang Admisi, Kemahasiswaan dan Alumni.
    Gagasan mengenai Endowment Fund muncul sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan Telkom University. Seperti yang kita ketahui, dana yang diperlukan untuk penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi sangatlah besar. Jika biaya penyelenggaraan tersebut hanya dianggarkan atau mengandalkan pada dana yang berasal dari mahasiswa, akan berakibat pada mahalnya biaya pendidikan yang harus dibayarkan oleh mahasiswa. Sebab itu diperlukan sumber dana penyangga, agar biaya pendidikan bisa tetap terjangkau dan mutu perguruan tinggi bisa tetap terjaga. Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk menyusun kebijakan dalam menggalang sumber dana lain secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.