Pertemuan dengan Alumni dalam FGD Chapter Eropa dan Amerika

Pertemuan dengan Alumni dalam FGD Chapter Eropa dan Amerika

Bandung, Telkom University – Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment (CAE) kembali mengadakan acara silaturahmi bersama alumni Telkom University dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD). Setelah menyelenggarakan FGD yang pertama dengan para alumni Telkom University yang berkiprah dan bekerja di benua Asia, kali ini FGD diiselenggarakan bersama para alumni yang berkiprah di 3 benua sekaligus yaitu Amerika, Eropa, dan Australia.

FGD Chapter Eropa & USA ini digelar dengan tajuk “International Employability” melalui Zoom Meeting pada Rabu (30/6) dan dihadiri oleh 54 peserta, termasuk diantaranya alumni yang berasal dari Jerman, Belanda, Inggris, Republik Ceko, dan Perancis.

AT Hanuranto, Direktur Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment (CAE) mengungkapkan bahwa kegiatan Alumni Gathering (FGD) dilaksanakan dengan tujuan untuk  terus menjaga employability atau keterserapan lulusan Telkom Universty di dunia kerja.

“Tantangan kita saat ini dengan lulusan yang mencapai ribuan setiap tahun adalah untuk terus berusaha menjaga dan meningkatkan employability. Tidak harus lulusan yang bekerja, namun juga lulusan yang menjadi entrepreneur, dosen, peneliti, dan seterusnya baik di dalam negeri maupun luar biasa. Kita harapkan teman-teman yang di luar negeri akan terus mendukung institusi dengan memberikan inspirasi kepada adik-adik semuanya,” ujarnya.

Dr. Dida Diah Damayanti selaku Wakil Rektor Bidang Admisi, Kemahasiswaan, dan Alumni Telokm University menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktorat CAE yang telah menyelenggarakan acara FGD dan juga kepada para alumni yang telah menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Dida juga mengungkapkan bahwa Telkom University sedang menjalankan visinya untuk mencipatakan lulusan-lulusan yang nantinya berkiprah di bidang entrepreneur.

“Di bidang entreprenuerial, kita saat ini sedang mencoba mendorong mahasiswa-mahasiswa agar memiliki mental berwirausaha sendiri. Dalam bidang research, saat ini kita memiliki research center yang melibatkan mahasiswa dalam proses penelitiannya. Dan tentunya target kita adalah meningkatkan global employability, sehingga di pertemuan kali ini kita memohon masukan-masukan dari alumni untuk adik-adk dan juga untuk kampus Telkom University,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Ruly Achdiat, alumni S1 Teknik Elektro angkatan 1991 yang saat ini menjabar sebagai Architect di TIBCO Software Inc. mengutarakan bahwa terdapat beberapa cara untuk meningkatkan employability secara global. 

“Untuk memasuki dunia kerja global, pertama-tama bisa mengasah kemampuan atau skill selagi bekerja di Indonesia. Setelah mengasah kemampuan, yang selanjutnya dibutuhkan adalah pengalaman karena global market tidak memerlukan akreditasi universitas atau gelar seseorang melainkan lebih kepada kemampuan dan pengalman. Untuk memperoleh kemampuan dan pengalaman bisa dimulai dengan membuka jaringan yang bisa dicapai saat bekerja di Indonesia,” jelasnya.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.