Sharing 3.0 Bahas Investasi “Milenial Makin Sadar Investasi”

Sharing 3.0 Bahas Investasi “Milenial Makin Sadar Investasi”

Bandung, Telkom University – Alumni Sharing kembali diadakan oleh Direktorat Pengembangan Karir, Alumni, dan Endowment (CAE) pada 5 Maret 2021 dengan tema “Milenial Makin Sadar Investasi” secara virtual melalui Zoom Meeting dan Youtube. Pada acara alumni sharing kali ini, Direktorat CAE mengundang alumni berpresatasi yang bekerja di bidang investasi sekaligus lulusan dari jurusan MBTI yaitu M. Faruq Al Hadid (alumni angkatan 2011) dan Dimas Pahlawan (alumni angkatan 2012). Acara yang diikuti oleh 301 peserta di Zoom ini juga dihadiri oleh Ibu Dr. Dida Diah Damajanti (Wakil Rektor III Telkom University), Bapak AT Hanuranto (Direktur Pengembangan Karir, Alumni, dan Endowment), Ibu Dr. Ratri Wahyuningtyas (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Kang Ahmad Nugraha (Presiden Forum Alumni Telkom University).

Pembicara pertama adalah M. Faruq Al Hadid, Investment Analyst di Halofina. Berawal dari ketidaksengajaan mengikuti sekolah pasar modal syari’ah, Faruq menjelaskan bahwa dirinya mulai tertarik untuk terjun di dunia investasi. Faruq juga mengungkapkan bahwa setelah terjun di dunia investasi, dirinya sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan investasi, lalu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan mengambil jurusan finance, hingga akhirnya bekerja sebagai Investment Analyst.

Pada kesempatan ini Faruq juga menyampaikan tips awal untuk berinvestasi bagi para anak muda.

“Tips dari saya tentang investasi yaitu jangan tanamkan pemikiran untuk berhutang karena ingin berinvestasi. Karena dari ilmu yang saya pelajari, hutang itu adalah salah satu hal yang perlu dihindari. Yang kedua adalah untuk memperbaiki gaya hidup. Contohnya adalah lebih bijaksana dalam penggunaan media sosial, jangan sampai kita terjerumus dalam gaya hidup yang tidak baik. Untuk saran saya sendiri adalah tidak perlu cepat-cepat untuk berinvestasi namun biasakan terlebih dahulu untuk mengelola uang seperti menabung.” Ungkap Faruq.

Pembicara kedua adalah Dimas Pahlawan, Assistant Customer Relationship Officer di PT GKInvest. Dimas mulai tertarik pada investasi ketika dirinya mengikuti acara yang diadakan oleh salah satu organisasi kemahasiswaan di Telkom University. Menurut Dimas, anak muda pada zaman sekarang lebih tepat untuk berinvestasi karena memiliki efek jangka panjang dibandingkan menabung di Bank. Dimas juga menyampaikan tentang bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang baik untuk berinvestasi.

“Kalau menurut saya yang paling penting adalah legalitas dari perusahaan itu sendiri, misalnya bagaimana perusahaan tersebut menangani nasabahnya, apakah perusahaan tersebut tercatat dalam negara atau tidak. Karena jika perusahaan tersebut tidak legal dan perusahaan ditutup oleh negara maka uang kita bisa hilang.” Ujar Dimas.

Setelah membahas mengenai investasi oleh kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan presentasi materi yang disampaikan oleh Endah Puspita dari Bagian Admisi Telkom University mengenai pendaftaran program S2 (Pascasarjana) di Telkom University. 

Tak ketinggalan, Direktorat Pengembangan Karir, Alumni, dan Endowment kembali mengingatkan mahasiswa, alumni, dan peserta alumni sharing lainnya untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam “Gerakan Donasi 10.000”, yang mana donasi tersebut akan digunakan untuk membantu sesama terutama civitas Telkom University yang terkena dampak pandemi Covid-19, sehingga dapat meringankan beban dan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.