Sharing Founder Startup Scola.id, Self-Investment for Your Future

Sharing Founder Startup Scola.id, Self-Investment for Your Future

Bandung, Telkom University – Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment (CAE) kembali menyelenggarakan acara rutin Alumni Sharing Entrepreneur 5.0 dengan tajuk “Self-Investment for Your Future” melalui kanal Zoom dan Youtube pada Selasa (25/5/2021).

Bekerjasama dengan salah satu startup di bidang pendidikan, Scola LMS (Scola.id) dan Fakultas Teknik Elektro, Dir. CAE mengundang langsung Founder dari Scola LMS yaitu Muhammad Zain Imtiyaz yang sekaligus alumni Sistem Komputer 2010. Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Bambang Setia Nugroho selaku Dekan Fakultas Teknik Elektro, Umar Ali Ahmad, Ph.D selaku Ketua Prodi S1 Sistem Komputer, dan Yani Nuraeni selaku Manajer Unit Alumni dan Endowment.

Dr. Bambang Setia Nugroho mengungkapkan kebahagiaanya atas kedatangan Zain dalam acara tersebut sekaligus merasa bangga atas pencapaiannya dalam berwirausaha dengan membangun startup.

“Kehadiran mas Zain dalam acara ini sangat cocok dengan tujuan dari fakultas Teknik Elektro yaitu membangun entrepreneurship. Diharapkan di acara in juga adik-adik mahasiswa dapat menyimak betul sharing dari mas Zain ini, bagaimana cara membangun startup, apa yang perlu dipersiapkan baik secara pribadi maupun tim untuk menuju startup yang sukses,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Dr. Bambang berterima kasih kepada tim Dir. CAE atas konsistensinya dalam menjalin hubungan dengan alumni melalui alumni sharing, karena menurutnya soliditas alumni bisa menjadi salah satu pilar dan kekuatan sebuah universitas. 

Yani Nuraeni selaku Manajer Unit Alumni dan Endowment mengutarakan bahwa acara alumni sharing sebagai bentuk sarana engagement dengan para alumni.

“Tujuan alumni sharing ini memang untuk meningkatkan engagement dengan para alumni. Sudah banyak juga alumni yang bisa kita ajak komunikasi dan mereka juga memberikan kontribusi yang banyak baik sebagai mentor maupun sharing dan juga memberikan fasilitas kepada almamater, “ungkapnya.

Di samping itu, Umar Ali Ahmad selaku Ketua Prodi S1 Sistem Komputer mengucapkan apresiasinya terhadap Muhammad Zain Imtiyaz, Dir. CAE, dan Fakultas Tim Elektro.

“Sebagai program studi, kami tentunya sangat bangga atas pencapain mas Zain yang bisa memberikan perubahan yang lebih baik terutama di bidang entrepreneurship,” ungkapnya. 

Dengan tema “Self-Inverstment for Your Future”, Zain memaparkan alasan paling mendasar seseorang untuk memulai berbisnis adalah dengan bertanya kepada diri sendiri mengapa memilih berbisnis. 

Dalam konteks startup sendiri, Zain menambahkan bahwa ada empat pilar utama yang menjadi ekosistem di startup yaitu founder dan co-founder, bisnis model, produk, dan investor. Menurutnya, antara satu pilar dengan yang lain harus terhubung dan saling mendukung untuk mewujudkan perusahaan startup yang baik.

Meskipun keempat pilar tersebut merupakan pondasi utama, faktanya, banyak yang gagal dalam membangun startup karena beberapa alasan. Diantaranya adalah produk perusahaan tidak dibutuhkan oleh pasar, ketiadaan pendapatan, dan tim yang tidak tepat. 

“Bagaimana cara mengelola konflik dalam bisnis antara lain adalah dengan membagi peran secara adil dalam tim, mengatur budgeting perusahaan, dan menyesuaikan ekspektasi dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing tim,” tutur Zain.

Dalam sesi tanya-jawab, Zain juga menjelaskan tentang bagaimana membangun sebuah tim yang kuat dan solid.

“Latar belakang yang sama antara founder dan co-founder dapat membuat tim itu menjadi solid. Ketika kita sudah mendapatkan partner yang klik, pertahankan. Karena itu bisa menjadi modal berharga untuk membangun startup,” pesannya.

“Ambil sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman hari ini, baik yang sedang kuliah, skripsi, bisnis, dll, nikmati setiap prosesnya karena pasti ada makna di setiap fase kehidupan yang kita alamai,” tutup Zain.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.