Sharing Chapter Industry bersama PT Caterpillar Indonesia Batam

Sharing Chapter Industry bersama PT Caterpillar Indonesia Batam

Bandung, Telkom University – Dengan tema “Work Experience and Career Opportunities in Multinational Manufacturing and Fabrication Companies”, Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment kembali mengadakan acara alumni sharing secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan kanal Youtube pada hari Jumat, 26 Februari 2021.

Telkom University telah lama dikenal dalam menciptakan alumni-alumni hebat dan berprestasi dalam bidangnya. Salah duanya adalah Endah Safarina (alumni D3 Teknik Elektro – 1995) yang sekarang menjabat sebagai HR Manager PT. Caterpillar Indonesia Batam dan Rizal Andre Bastian (alumni Teknik Elektro – 1995) yang menjabat sebagai Network & Voice Services, Global Information Services di Caterpillar Inc.

Turut hadir dalam alumni sharing kali ini yaitu Ibu Dr. Dida Diah Damajanti (Wakil Rektor III Telkom University), Bapak AT Hanuranto (Direktur Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment), dan Kang Ahmad Nugraha (Presiden Forum Alumni Telkom University).

Dalam kesempatan ini, Endah Safarina dan Rizal Andre Bastian menyampaikan materi tentang profil perusahaan dan produk PT. Caterpillar Indonesia Batam. Tak hanya itu, Endah dan Rizal juga memaparkan pengalamannya bekerja di PT. Caterpillar Indonesia Batam dan Caterpillar Inc.

“Saya bergabung di PT. Caterpillar Indonesia Batam tahun 2012. Saat itu saya melamar melalui Jobstreet dan semuaproses rekrutmen dilakukan secara online. Menurut saya, proses rekrutmennya sendiri cukup mudah dan menarik. Apalagi saat ini job opportunity di PT Caterpillar sering dimuat di berbagai media dan juga di bursa kerja.” Ujar Rizal.

Berbeda dengan Rizal yang menekuni pekerjaan sejalan dengan jurusan saat masih kuliah, Endah Safarina becerita bagaimana dirinya bisa bekerja di bidang Human Resource.

“Saat itu saya mengikuti tes di Batam bersama rekan dari STT Telkom dan menjadi kandidat yang lolos sebagai Production Assistant. Saat tiba di Batam saya bingung kenapa saya ditempatkan di bagian Human Resource padahal saya dari Teknik Elektro. Awalnya merasa bingung namun akhirnya saya merasa percaya diri dan saya belajar mengenai Human Resource. Dari situlah saya menerapkan prinsip bahwa tidak ada yang tidak bisa asalkan kita mau belajar.” Tutur Endah.

Selain bercerita mengenai pengalaman kerja di PT. Caterpillar Indonesia Batam, Endah Safarina dan Rizal Andre Bastian pun turut memberikan tips dan saran kepada mahasiswa dan alumni mengenai bagaimana melamar pekerjaan yang baik. 

“Saran saya adalah selagi masih kuliah, jangan hanya melhat sisi akademik saja namun juga perbanyak kegiatan di luar kuliah seperti himpunan, kepanitian, dll. Karena dari sanalah kita bisa belajar untuk berinteraksi dengan orang, bernegosiasi dan teamwork, serta memperkaya wawasan. Dan yang paling penting menurut saya adalah first impression, yaitu bagaimana anda menjawab pertanyaan saat wawancara, karena yang dinilai sebenarnya adalah pola pikirdan alur berpikirnya. Dan untuk teman-teman yang saat ini sedang mencari pekerjaan, tips saya adalah teman-teman harus memahami apa persyaratan pekerjaan tersebut, kemudian bandingkan ke kemampuan teman-teman sendiri. Pastikan bahwa kemampuan yang teman-teman tulis di CV sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh perusahaan.” Ungkap Endah.

“Apa yang kita dapatkan selama kuliah memang bisa dijadikan bekal namun presentasinya masih kecil dibandingkan dengan dunia kerja. Jadi training sebelum atau selama bekerja itu penting. Untuk proses belajar dan training itu tidak boleh berhenti, apalagi di dunia teknologi seperti sekarang yang akan terus berkembang. Melalui training ini saya juga berkesempatan untuk mengembangkan diri dan memperluas wawasan.” Ungkap Rizal.

Di akhir acara alumni sharing ini, Endah Safarina dan Rizal Andre Bastian juga menyampaikan informasi terkait lowongan pekerjaan yang ada di PT. Caterpillar Indonesia Batam. 

Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment juga kembali mencanangkan “Gerakan Donasi 10.000” sebagai bentuk Dana Lestari Universitas Telkom, yang mana dana tersebut dihimpun, diinvestasikan dan dikelola terus menerus dengan penuh tanggung jawab untuk mendukung dan menjamin keberlanjutan kemajuan dan prestasi Universitas Telkom.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.