Sharing Chapter Industry MNC dan RCTI: Passion vs Opportunity

Sharing Chapter Industry MNC dan RCTI: Passion vs Opportunity

Bandung, Telkom University – Setelah melangsungkan acara Alumni Sharing Chapter Industry dengan LinkAja pada tanggal 10 Juni 2021, Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment (CAE) kembali melangsungkan acara Alumni Sharing Chapter Industry bersama MNC Media dan RCTI secara virtual pada Jumat (9/7/2021).

Mengusung tema Passion vs Opportunity, Direktorat CAE menghadirkan 2 alumni kebanggan Telkom University yang bekerja di MNC Media dan RCTI yaitu Willy Hendrix Ombeng, alumni S1 MBTI 2006 yang saat ini menjabat sebagai Sales Manager MNC Media (RCTI, MNC TV, GTV) dan juga Tegar Widya Laksono, alumni S1 Ilmu Komunikasi 2008 yang saat ini menjabat sebagai Project Management Section Head di RCTI+.

Tak lupa acara ini juga dihadiri oleh Dr. Dida Diah Damayanti selaku Wakil Rektor III Bidang Admisi dan Kemahasaa, Ratri Wahyuningtyas selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University, dan Ade Irma Susanty selaku Dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University.

Dalam sambutannya, Ade Irma Susanty mengungkapkan bahwa acara alumni sharing ini bukan hanya sebagai wadah untuk silaturahmi dengan alumni namun juga untuk berkolaborasi.

“Acara rutin yang diselenggarakan Direktorat CAE ini bukan hanya sebagai forum yang sangat bermanfaat sebagai ajang sharing dengan alumni, namun juga sebagai ajang silaturahmi dan juga ajang kolaborasi dan untuk mendekatkan para alumni dengan almamaternya,” ungkapnya.

Dr. Dida Diah Damayanti selaku Wakil Rektor III menyampaikan rasa terima kasih kepada narasumber yang telah menyempatkan hadir untuk sharing. Dida juga berharap para narasumber dapat memberikan masukan kepada mahasiswa.

“Prodi Ilmu Komunikasi dan MBTI sekarang banyak peminatnya. Mungkin nanti ada kesempatan bagi mahasiswa untuk KP, magang, skripsi, pengabdian masyarakat, dsb secara online. Termasuk juga mohon masukannya untuk mahasiswa kami yang mungkin akan bergerak di bidang media terkait bekal apa saja yang perlu dipersiapkan,” ujar Dida.

Ratri Wahyuningtyas mengungkapkan harapannya pada acara alumni sharing ini.

“Semoga alumni sharing hari ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam menggali informasi dan menjawab keingintahuan terkait lingkup dunia media termasuk kendala dan peluang. Dan semoga narasumber hari ini bisa memberikan inspirasi dan dorongan supaya yang berminat dapat mengimplementasikan passion-nya untuk bekerja di industri media,” ucapnya.

Menjalani apa yang kita suka itu seru, begitulah kata Willy. 

Willy Hendrix Ombeng membagikan kisah dan perjalanan karirnya hingga sampai saat ini menjadi Sales Manager MNC Media. Willy memang memiliki minat untuk bekerja di industri media. Ia sempat meniti karirnya di industri media cetak, media digital, dan akhirnya bekerja di industri media TV. Alasan kenapa ia ingin sekali bekerja di industri media tidak lain dan tidak bukan adalah karena passion dan hobinya di dunia bola yang sekaligus menjadikannya gerbang untuk meniti karir profesionalnya di Kompas Gramedia dengan penempatan di PT. Tunas Bola. Selanjutnya ia bekerja di Msports.net, RCTI, hingaa MNC Media.

“Memang masing-masing TV di MNC Media ini betul-betul memiliki keunikannya tersendiri. Alasannya adalah karena kita ingin menguasai semua pasar. Kita ingin masuk di semua pasar baik itu atas, tengah, maupun bawah,” ungkap Willy.

Willy juga membahas tentang mimpi yang baginya merupakan sesuatu yang sangat penting dalam hidup seseorang. Mimpi memberikan energi tersendiri yang mana dapat mengantarkan seseorang berjalan sampai sejauh mana. 

“Mulailah sesuatu dari apa yang teman-teman punya, jalankan dengan apa yang teman-teman bisa, bermimpilah, karena kita tidak akan tahu usaha, niat, dan mimpi kita akan membawa kita kemana,” pesan Willy.

Berbeda dengan Willy yang berkecimpung di industri media di awal karirnya hingga sekarang, Tegar Widya Laksono mengaku bahwa ia pernah berpindah-pindah tempat kerja sebelum akhirnya menjatuhkan pilihannya untuk bekerja di RCTI+. Tegar mengawali karirnya di Kompas TV di tahun 2014, selanjutnya pindah ke MNC TV pada tahun 2015. Di tahun 2019 ia mulai berpindah haluan dari industri media ke perusahaan bidang kesehatan dan startup dengan alasan ingin memperoleh tantangan baru. Hingga pada akhirnya pada tahun 2020 ia kembali menerjuni industri media di RCTI+.

“Saya tertarik dan berminat untuk kembali ke MNC Group tepatnya di RCTI+ karena RCTI+ merupakan aplikasi super dari MNC sehingga saya memutuskan untuk mengambil tawaran dari manager saya sebelumnya untuk bekerja di RCTI+ sebagai Project Management Section Head,” ungkap Tegar.

Tegar sendiri memberikan tips dan trik dalam mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Diantaranya yaitu mempersiapkan mental untuk melawan dunia kerja yang keras, mengenali diri sendiri seperti kelebihan dan kekurangan, mengasah kemampuan untuk menggali potensi diri, dan yang terakhir adalah membangun relasi.

Berbicara mengenai passion vs opportunity, Tegar juga mnyarankan para mahasiswa atau fresh graduate saat ini yang sedang mencari pekerjaan.

“Kita harus tetap membuat peluang. Diantaranya seperti personal branding yang mana bisa dengan membuat portofolio atau LinkedIn, mengikuti training atau magang untuk mengasah kemapuan, lalu juga mengikuti komunitas seperti fotografi, media, dan lain-lain untuk membangun relasi,” ungkapnya.

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.